Lima Tips Memilih Model Baju Batik Kantor Bagi Wanita Karier

Sejak ditetapkan pada tanggal 2 Oktober 2010 oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia, batik semakin populer begitupun dengan permintaan yang juga meningkat. Kini, hampir di setiap perusahaan dan instansi, para pegawainya diwajibkan untuk mengenakan batik pada hari tertentu.

Bagi kamu para wanita yang berkarier, setidaknya kamu harus memiliki beberapa setelan batik untuk kamu kenakan saat ada acara penting atau menghadiri undangan resmi sebagai perwakilan dari kantor. Oleh karena itu, simak beberapa tips berikut untuk memilih batik yang akan membuat tampilanmu lebih modis.

 

Kenakan warna batik yang terang

Batik sudah identik dengan warna-warna gelap seperti cokelat atau hitam. Bila dilihat sekilas, baju batik berwarna gelap akan membuat pemakainya tampak lebih tua. Karena itu, kamu bisa mengenakan batik dengan warna cerah agar tampil lebih segar.

 

Sesuaikan motif batik dengan acara

Batik memiliki beragam motif dengan nuansa yang berbeda-beda. Bila kamu ingin menghadiri acara resmi, kamu bisa memilih batik dengan motif yang penuh dan kompleks. Motif tersebut akan membuat tampilanmu seolah lebih dewasa. Sementara itu, bila kamu akan menghadiri acara yang sifatnya kasual, kamu bisa mencari batik dengan motif yang sederhana.

Ikuti tren model pakaian

Agar tampak lebih modis, kamu bisa memilih baju batik dengan desain yang kekinian. Misalnya, kamu bisa mencari batik dengan model off shoulder, ruffle, baby doll, peplum, dan masih banyak lagi.

 

Padukan batik dengan baik

Bila kamu sudah mengenakan batik untuk atasan, pastikan kamu tak mengenakan bawahan dengan nuansa batik pula. Bila kamu melakukannya, penampilanmu akan terkesan “penuh”. Bila kamu mengenakan batik untuk bawahan, gunakanlah atasan dengan warna polos tanpa motif dan begitu juga sebaliknya. Menambahkan aksesoris secara tepat akan mempermanis tampilanmu. Bila kamu memakai dress batik, kamu bisa memakai belt dengan desain yang simpel. Selain itu, kamu juga bisa mengenakan blazer untuk menampilkan sisi eleganmu dalam acara-acara formal.

Tips lainnya

7 Tips Berpakaian Saat Interview Yang Membuat HRD Terkesan

1. Hindari celana berbahan denimCelana berbahan denim atau yang dikenal dengan jeans memang nyaman dikenakan dan modis di segala suasana, kecuali interview. Untuk wawancara formal, jangan pernah datang dengan mengenakan celana seperti ini. Meski... Read More

7 Tips Persiapan Interview User dan Contoh Pertanyaannya

1. Mempersiapkan diri seperti saat interview pertamaKamu mungkin telah menunjukkan performa yang baik saat interview bersama HR. Namun, user yang akan kamu temui saat ini belum mengetahui potensi... Read More

8 Tips Terbaru Membuat CV dan Resume Yang Menarik

Desain CV dan resume yang simpelDesain resume yang bagus adalah yang eye catching tapi tetap terlihat simpel. “Jika isi adalah raja, maka desain adalah ratunya,” ujar Debra Wheatman dari Careers Done Write. Menurut Debra, beberapa hal yang harus... Read More