7 Tips Berpakaian Saat Interview Yang Membuat HRD Terkesan

1. Hindari celana berbahan denim


Celana berbahan denim atau yang dikenal dengan jeans memang nyaman dikenakan dan modis di segala suasana, kecuali interview. Untuk wawancara formal, jangan pernah datang dengan mengenakan celana seperti ini. Meski Kamu bekerja di industri kreatif atau media, pastikan kamu memberikan tampilan yang terbaik.

Bagi pria, pilihlah celana bahan yang tidak mudah kusut. Bagi wanita, pilihlah rok yang menutupi lutut dengan warna tidak mencolok. Hindari memberi kesan yang kurang baik kepada pewawancara, dari cara kamu berpakaian.

2. Kenanakan Kemeja

Kemeja merupakan pakaian formal yang bisa dipakai saat interview. Pilihan kemeja ada beragam. Kamu bisa memilih kemeja berbahan katun, sifon, atau bahkan sutra. Bukalah kancing atas kemeja Kamu. Ini memberi kesan sederhana, tetapi tetap formal. Hindari memakai kemeja yang terlalu ketat, dan terkesan seksi. Kemeja yang dikenakan haruslah membuat kamu nyaman.

3. Pakai kardigan atau jas


Kedua item fashion ini mampu menjadi atribut pelengkap yang pas, untuk menghadiri interview. Ketika kamu mengenakannya, pasti kesan profesional akan semakin terlihat. Hindari motif atau warna jas dan kardigan yang terlalu menonjol. Warna gelap adalah pilihan yang aman.

4. Perhatikan motif pakaian


Hindari motif pakaian yang terlalu berkesan meriah. Motif-motif pakaian seperti bunga, binatang, dan abstrak bisa mendistraksi pewawancara. Jadi, pilihlah motif pakaian yang lebih sederhana, seperti motif garis atau bahkan tidak bermotif sama sekali.

5. Perhatikan warna pakaian


Tahukah kamu? Bahwa ternyata ada beberapa warna yang sebaiknya kamu gunakan saat wawancara. Karena ada yang namanya psikologi warna. Berikut ini adalah beberapa warna dan kesan tidak langsung yang diberikan.

  • Biru: Memberikan kesan percaya diri, kejujuran, kesetiaan, stabil, dan kredibilitas.
  • Hitam: Merepresentasikan kekuatan dan kepemimpinan.
  • Abu-abu: Memberikan kesan profesionalisme, kurang mengintimidasi daripada hitam.
  • Cokelat: Memberikan kesan percaya diri, dapat diandalkan, dan fleksibel.

6. Pemilihan sepatu


Meski lokasinya berada di paling bawah, bukan berarti ini akan luput dari perhatian pewawancara. Jadi, cobalah untuk memastikan kamu memerhatikan pemilihan sepatu dengan baik. Misalnya untuk wanita, kamu bisa mengenakan sepatu dengan ujung tertutup. Jari kaki yang terlihat diujung sepatu akan memberi kesan tak formal.

Sedangkan untuk pria, pastikan kamu tidak menggunakan sandal, dan tidak menggunakan sepatu yang terlalu kotor. Ingat, kebersihan adalah salah satu kunci dalam memberikan penampilan terbaik.

7. Perhatikan juga gaya rambut


Gaya rambut juga tidak kalah penting saat menjalani interview. Pastikan rambutmu rapih, dan nampak profesional. Agar kamu bisa lebih memastikan rambutmu rapih, dan kamu tidak terlihat kusam, cobalah untuk datang lebih awal dari jadwal interview. Dengan begini, kamu bisa mengaca dan menyisir rambutmu, atau bahkan menggunakan pomade bagi pria. 

Tips lainnya

7 Tips Persiapan Interview User dan Contoh Pertanyaannya

1. Mempersiapkan diri seperti saat interview pertamaKamu mungkin telah menunjukkan performa yang baik saat interview bersama HR. Namun, user yang akan kamu temui saat ini belum mengetahui potensi... Read More

8 Tips Terbaru Membuat CV dan Resume Yang Menarik

Desain CV dan resume yang simpelDesain resume yang bagus adalah yang eye catching tapi tetap terlihat simpel. “Jika isi adalah raja, maka desain adalah ratunya,” ujar Debra Wheatman dari Careers Done Write. Menurut Debra, beberapa hal yang harus... Read More